Tugas VClass Softskill Pertemuan 3
NAMA: ARDHI RAMADHANI
NPM : 50419978
KELAS : 2IA14
MATKUL : Pengantar Web Science #
Soal :
1. Jelaskan sejarah perkembangan ekonomi Digital
Jawab :
Ekonomi digital di Indonesia terus mengalami perkembangan yang signifikan. Hal ini
dapat diketahui dari banyaknya jumlah e-commerce yang menjamur. Bahkan, beberapa
di antaranya mampu berkembang pesat sehingga menjadi bisnis unicorn. Digitalisasi
ekonomi ini ternyata menjadi peluang tersendiri untuk industri UMKM. Karena, UMKM
dapat memasarkan produk dan jasanya dengan lebih luas, lebih mudah dan lebih murah.
Jadi, UMKM tersebut dapat bertahan, bahkan pada masa krisis ataupun pandemi seperti
sekarang. Jadi, dengan bantuan teknologi digital banyak jumlah usaha dan bisnis yang
survive dan berkembang. Hal ini tentu akan berdampak pada penyerapan tenaga kerja
dan mengurangi tingkat pengangguran. Hingga pada akhirnya hal ini akan memberikan
dampak positif pada perekonomian negara.
Menilik dari data Ernst & Young, bahwa peningkatan transaksi pada e-commerce
mencapai 40% per tahunnya. Sedangkan jumlah pengguna internet di Indonesia
mencapai 93,4 juta orang dan 71 juta di antaranya adalah pengguna smartphone.
Dari dua data diatas, dapat diprediksi bahwa e-commerce dan digital ekonomi kedepan
akan mengalami perkembangan yang positif. Oleh karena itu, manfaatkanlah digitalisasi
ekonomi dengan baik agar kebutuhan dan usaha Anda menjadi semakin berkembang.
2. Apa yang anda ketahui tentang ekonomi Digital serta berikan contoh
Jawab :
Ekonomi digital adalah segala bentuk aktivitas ekonomi yang memanfaatkan bantuan
teknologi informasi dan komunikasi. Hal ini termasuk kepada transaksi jual beli,
marketing, dan lainnya yang dapat mempengaruhi perekonomian.
Digitalisasi ekonomi ini merupakan suatu terobosan yang baik. Karena dapat menghindari
kasus pencurian dan pencopetan dengan transaksi cashless. Selain itu, setiap proses
transaksi bakal berjalan lebih lancar, cepat dan aman.
Kendati demikian, digitalisasi untuk lini ekonomi tidak selamanya memiliki efek positif.
Pasalnya, ekonomi berbasis digital membutuhkan berbagai perangkat keamanan agar
tidak mudah diretas oleh hacker. Karena sistem digital sangat rentan disusupi orang jahat
yang bisa menguras semua asset Anda.
Contoh :
- Gojek dan Grab Untuk Transportasi
- OVO, Dana dan Lainnya Untuk E-Wallet
- BukaLapak, Lazada dan Lainnya Untuk E-commerce
3. Jelaskan dan berikan contoh perbedaan antara toko online dan market place
Jawab :
Perbedaan antara toko online dan marketplace :
- Toko Online
Toko online, cocok untuk vendor tunggal yang ingin menjual inventaris produk mereka sendiri secara eksklusif kepada audiens target mereka. dimana anda bertanggung jawab atas pengadaan atau pembuatan, penyimpanan, dan pendistribusian produk Anda dan menerima keseluruhan harga pembelian. dimana Penjual dapat mengatur tokonya sendiri mulai dari nama toko, deskripsi, produk yang dijual, ketentuan yang berlaku, dan pengaturan ongkos kirim. Satu akun toko dimiliki oleh satu penjual yang dapat mengatur pemesanan, pengelolaan barang, mengatur strategi penjualan dan pemasaran produk. Contohnya adalah Zalora.co.id, yang menjual berbagai pakaian dengan mereknya sendiri.
- Marketplace
sedangkan, Marketplace berfokus pada pencocokan banyak pembeli dan penjual barang dan jasa. Secara garis besar tujuan marketplace adalah mewadahi para pembisnis kecil maupun besar untuk membangun bisnisnya melalui marketplace. Biasanya sebuah marketplace dilengkapi dengan fasilitas yang memudahkan penggunanya seperti sistem pembayaran otomatis, tutorial & fitur khusus untuk mempermudah penjual untuk mengembangkan bisnisnya. Contohnya adalah Olx.com, Bukalapak, ataupun tokopedia.com, berhasil memberikan ruang bagi pengerajin individu untuk menjangkau pelanggan yang mencari produk unik, buatan tangan, dan berskala kecil. Pemilik pasar mengelola dan menghubungkan kedua sisi platform, dengan penjual mengurus inventaris mereka sendiri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar